SEMINAR PEMANFAATAN TEKNOLOGI NUKLIR



  28 Oktober 2014 menjadi hari yang cukup bersejarah bagi santri -santri MATIQ Isy Karima. Karena tepat pada hari itu untuk pertamakalinya para santri mendapatkan seminar atau pembelajaran tentang pemanfaatan teknologi nuklir langsung dari para ahlinya.

  Bekerjasama dengan STTN (Sekolah Tinggi Teknologi  Nuklir) Jogjakarta, para dosen-dosen yang rata-rata adalah Doktor dibidang nuklir mau meluangkan waktunya untuk bisa memberikan sebagian ilmunya kepada para santri. Merupakan nikmat yang patut disyukuri tentunya, Alhamdulilah...

  Diawali dengan berbagai macam sambutan, mulai dari kepala sekolah, perwakilan depag, hingga mudir ponpes cukup mengulur acara hingga baru masuk ke materi sekitar pukul 9 pagi. Namun tak apa, para santri masih tetap tak sabar untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan nuklir itu sebenarnya, karena pada umumnya jika mendengar kata nuklir pikiran kita langsung tertuju pada senjata pemusnah masal yang amat mematikan itu. Nah, pada seminar kali ini para pakar menjelaskan bahwa nklir juga mempunyai manfaat positif yang apabila digunakan dengan benar dapat membantu kehidupan manusia.

  Penyampaian matei terus berlangsung hingga waktu zuhur, kemudian diselingi dengan sholat berjamaah dan makan siang. Tepat pukul 13.30 WIB, seminar dilanjutkan dengan praktek peragaan beberapa alat yang memanfaatkan teknologi nuklir, walaupun tidak terlalu besar bagi para santri mendapatkan hal yang baru sudah cukup membuat mereka senang dan bisa menuntaskan rasa penasaran mereka.

  Azan Asar berkumandang, dan itu menandakan pula akhir dari seminar yang juga dihadiri beberapa sekolah luar seperti SMAN I Karanganyar, SMAN Karangpandan, MAN I Karanganyar, dan MAN Gondangrejo.

  Tak lupa para dosen menghimbau untuk seluruh peserta untuk tetap giat belajar dan semangat agar suatu sat bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, apalagi jika berminat untuk memperdalam ilmu nuklir karena masih sedikit peminat dalam bidang ilmu tersebut.





0 komentar: